Cute Onion Club - Onion Head

Sudah Shalat kah ANDA ?

Protected by Copyscape Duplicate Content Detection Software
Selamat datang di Anggara T Nugraha Blog, semoga bermanfaat, dan maaf bila ada kesalahan maupunn kemiripan.

Selasa, 27 Desember 2011

Permen Karet Bisa Bikin Nilai Ujian Bagus?

Murid yang mengunyah permen karet di dalam kelas biasanya akan diusir guru ke luar supaya segera dibuang. Tapi sekarang tampaknya sekolah harus mendorong siswa untuk mengunyah permen karet setelah sebuah penelitian menemukan bahwa mengunyah permen karet dapat mendorong kinerja mereka dalam menjalankan ujian.

Para peneliti di St Lawrence University Canton, New York, menemukan, mereka yang mengunyah permen karet selama lima menit sebelum tes mendapat nilai lebih baik daripada mereka yang tidak, Senin (12/12).

Menurut penelitian di Departemen Psikologi, perbaikan ini terjadi karena mengunyah dapat menginduksi gairah yang bertahan hingga 20 menit.

Studi sebelumnya telah menemukan bahwa setiap aktivitas fisik meningkatkan kinerja otak, tapi ini membuktikan meski kecil, aktivitas fisik ini dapat melakukan hal yang sama.

Untuk studi yang dipublikasikan dalam jurnal Appetite, para peneliti mengamati efek dari permen karet pada 80 siswa. Setengah subjek diberikan permen - baik bebas gula dan dengan tambahan gula - dan mengunyah sebelum atau sepanjang tes.

Murid kemudian diberi tugas kognitif, seperti mengulangi nomor acak mundur dan memecahkan teka-teki logika. Hasilnya kemudian dibandingkan dengan subyek yang tidak mengunyah permen karet.

Sementara siswa yang mengunyah permen karet selama lima menit sebelum tes mencapai rata-rata nilai yang lebih baik, mengunyah selama tes memiliki efek yang berlawanan karena mengganggu otak dari tugas utamanya.

"Ini mungkin karena berbagi sumber daya dari proses kognitif dan pengunyahan," kata pemimpin peneliti Dr Serge Onyper.

Hasil ini mendefinisikan penelitian serupa yang dilakukan di University of Northumbria di Inggris pada 2002. Pada saat itu, salah satu peneliti utama, Dr Andrew Scholey, menjelaskan efek positif dari permen karet pada otak. 

"Kami tidak berpikir bahwa itu adalah sesuatu di gusi, tetapi bahwa perlawanan dari gusi dan tindakan pengunyahan yang membuat perbedaan," katanya.

"Kami menemukan peningkatan denyut jantung lima atau enam denyut per menit ketika mereka sedang mengunyah permen karet.

"Ini mungkin terkait dengan fungsi otak, namun di sisi lain peningkatan darah mengirim oksigen ke otak yang dapat meningkatkan fungsi kognitif.

0 komentar:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More